Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

HUBUNGAN FAKTOR – FAKTOR PREFERENSI CUSTOMER DALAM MEMILIH OBAT TRADISIONAL DAN OBAT SINTETIK DI APOTEK DAMAI DEPOK

No. 846 Preferensi adalah proses seseorang dalam memilih informasi atau sesuatu hal yang lebih disukai oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor preferensi serta hubungan dalam pemilihan obat tradisional dan obat sintetik di Apotek Damai Depok periode Juli – Agustus 2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Pendekatan dilakukan dengan metode penelitian survey menggunakan kuesioner pada 95 responden untuk mendapatkan data. Data Bivariat yang diperoleh dianalisa uji perbandingan yaitu uji Chi Square untuk mengetahui hubungan preferensi customer dalam memilih obat dengan tampilan diagram dan persentase. Hasil penelitian menunjukan gambaran sosiodemografi customer Apotek Damai terbanyak terdapat pada usia Remaja Akhir ( 34,80% ), berjenis kelamin perempuan ( 76% ) dengan suku jawa ( 42,10%) dan betawi ( 37,9% ) dengan pendidikan menengah dan berstatus sudah menikah (64,3%). Pemilihan obat terbanyak terdapat pada kelompok obat sintetik (68,40%) dengan faktor psikologi sebagai faktor preferensi mendapat nilai setuju terbanyak ( 90%). Pada faktor sosiodemografi pekerjaan customer memiliki hubungan dalam pemilihan obat dengan hasil chi square nilai signifikansi < 0,05% serta pada faktor budaya dan psikologi juga memiliki hubungan dalam pemilihan obat dengan hasil chi square nilai signifikansi < 0,05% tetapi faktor sosial tidak memiliki hubungan dalam pemilihan obat dengan hasil chi square nilai signifikansi > 0,05%. Kata Kunci : Preferensi, Obat Tradisional, Obat Sintetik